AFP Grand Demo : Kualitas Dairy Product Terbaik Untuk Makanan Terbaik



Saya bukan penggemar susu. Tapi kalau produk susu alias dairy product yang dicampurkan dalam makanan, saya suka. Terutama keju. Wuiih, favorit banget tuh. Segala makanan yang ada kejunya saya suka banget. Malah kalau harus memilih antara makanan berbahan coklat atau keju, sepertinya saya akan lebih memilih keju. Jadilah, waktu saya dapat undangan untuk menghadiri Grand Demo dari Anchoor Food Proffesionals di Hotel Clarion, Makassar bersama teman-teman blogger di Kamis 16 November 2016 itu, saya langsung iyain.

Salah satu produsen dairy product terbaik di Indonesia adalah Fonterra Indonesia. Sejak tahun 1970an, Fonterra Indonesia telah ikut memenuhi kebutuhan nutrisi susu berkualitas yang digemari masyarakat Indonesia. Pasti pernah dengar merek susu Anlene, Anmum, dan Anchor Boneeto kan? Nah, ketiga produk tersebut adalah produk-produk andalan dari Fonterra Indonesia. Selain tiga merek tersebut, Fonterra Indonesia juga masih punya loh, produk-produk susu dan turunannya terbaik lainnya.

Bersama teman-teman blogger Makassar

TENTANG FONTERRA INDONESIA

Fonterra merupakan perusahaan produk susu dan turunannya yang berasal dari New Zealand. Di tempat asalnya sana, Fonterra sudah berkecimpung di bisnis produk susu ini selama lebih dari 100 tahun. Yang unik dari perusahaan ini adalah, "bos" dari perusahaan ini terdiri dari 10.500 peternak sapi di New Zealand yang tergabung dalam sebuah koperasi. Hebat ya, 10.500 orang yang jadi pemilik perusahaan dan perusahaannya masih sukses sampai sekarang.

Di Indonesia sendiri, Fonterra sudah beroperasi selama kurang lebih 35 tahun, memiliki 290 staf lokal, dan 1 pabrik pengolahan dan pengemasan. Di tahun 2016, lebih dari 41 juta kemasan Anlene, Anmum dan Boneeto telah dipasok untuk masyarakat Indonesia, yang tersebar di lebih dari 60.000 outlet retail. Fonterra Indonesia memiliki misi ingin menginspirasi keluarga Indonesia untuk hidup maksimal dengan nutrisi susu terpercaya sehingga Indonesia menjadi lebih sehat.

Andriani Ganeswari, Corporate Communications Manager, PT Fonterra Brands Indonesia, mengatakan, "Fonterra Indonesia berkomitmen untuk memberikan kualitas tinggi bagi setiap produknya melalui prinsip Trusted Goodness, di mana kami menjamin proses rantai pasokan mulai dari rumput hingga ke gelas berstandar kelas dunia."

ANCHOR FOOD PROFESSIONALS

Selain bisnis konsumen dengan Anlene, Anmum, dan Boneeto sebagai produk andalannya, Fonterra Indonesia juga bergerak di bisnis foodservice, dengan membawa merek Anchor Food Professionals (AFP). AFP ini secara global diluncurkan 2 tahun yang lalu, dan mengalami peningkatan pesat hingga sekarang. Anchor Food Professionals memiliki kantor di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, Taiwan, Hong Kong, Dubai, Arab Saudi, Sri Lanka, dan Mauritius. Selain itu AFP juga memiliki perwakilan melalui mitra lokal di Bahrain, Kuwait, Qatar, dan Oman. Banyak ya?

Menurut Sigit Wijanarko, Foodservice Director, Fonterra Brands Indonesia, jika dibandingkan dengan negara lain, Indonesia masih sangat potensial untuk mengembangkan bisnis foodservice. Pada awal diluncurkan dua tahun lalu, AFP di Indonesia terdistribusi di 12 kota, dan mengalami peningkatan menjadi 21 kota di tahun ini. Dengan jumlah chef yang awalnya cuma 5, sekarang sudah berjumlah 14 chef yang bergabung di AFP.

Produk-produk AFP seperti butter, fresh cream, natural cheese, dan processed cheese sudah digunakan di lebih dari 7000 costumers di berbagai hotel, cafe, restoran dan bakery. Bukan cuma restoran dan hotel besar, AFP juga membuka kerja sama dengan UKM, home industry, dan komunitas. Komitmen ini diwujudkan dalam hal penjualan produk yang sama dengan hotel atau restoran besar, resep-resep yang bisa didapat secara gratis, gratis konsultasi dengan chef lokal, dan di beberapa kota juga ada local kitchen. Chef lokal ini bisa diminta untuk bikin demo masak loh, misalnya komunitas kita bikin acara gitu. Dan gratis. Seru ndak sih?

Meskipun AFP fokus pada Asian bakery dan Italian kitchen, bukan berarti mengabaikan kuliner lokal loh. Bahkan AFP melihat potensi untuk menggabungkan kuliner lokal dengan produk-produk dairy. Seperti misalnya di Bandung dengan Seblak Mozarella, di Semarang dengan kue lekker yang ditambah keju Mozarella, atau di Makassar dengan coto yang diberi campuran Anchor Cooking Cream. Ini ide menarik nih. Siapa tahu gitu, ada yang terinspirasi bikin buroncong mozarella, atau barongko dikasih cream cheese, hehehe..

Perwakilan PT. Fonterra Brands Indonesia dan para Chef

ANCHOR FOOD PROFFESIONALS GRAND DEMO

Nah, dalam rangka mendukung pertumbuhan dan perkembangan bisnis foodservice di Indonesia, sejak tahun lalu AFP menggelar yang namanya AFP Grand Demo. Grand Demo ini diadakan 2 kali dalam setahun, dan yang kali ini diadakan di Makassar tanggal 16  November 2017 lalu adalah Grand Demo yang ketiga, setelah sebelumnya digelar di Surabaya dan Bandung. Makassar sendiri dipilih sebagai kota ketiga diadakannya Grand Demo karena AFP menilai Makassar punya pasar yang sangat potensial dan sangat adaptif dalam hal bisnis kuliner. Selain itu, selama 1,5 tahun terakhir AFP cukup agresif melebarkan distribusinya di Makassar, dan mendapat sambutan yang cukup positif juga di kalangan pelaku bisnis foodservice ini. "Fonterra Brands Indonesia melihat potensi besar dalam bisnis foodservice Indonesia, terutama pelaku usaha kecil  menengah di Makassar untuk berinovasi, beradaptasi dan mampu menghadapi tantangan pasar," ujar Pak Sigit.

AFP Grand Demo itu apa sih? Jadi, AFP Grand Demo ini adalah sebuah event demo masak akbar, yang menghadirkan bukan cuma 1, tapi 3 chef yang mumpuni dan terkemuka. Grand Demo yang diadakan di Makassar kali ini menghadirkan in-house Advisory Chef Anchor Food Proffesionals, yaitu Chef Yus Adriana (bakery), dan Chef Petrus Nugraha (kitchen), serta Chef tamu yaitu Chef Achen dari Ny. Liem.

Blogger Makassar bersama Chef Yus

Ndak tanggung-tanggung, dalam Grand Demo ini, para Chef bukan cuma menghadirkan 1 resep, tapi 11 resep sodara-sodara! Chef Petrus menyajikan Creamy Pasta Aglio dan Bread Lasagna Tuna Ruca. Chef Yus menyajikan Crunchy Pineapple Cake, Butterstick, Passion Mousse, dan Kenari Tuille. Sedangkan Chef Achen menyajikan Cheese and Butter Cake, Cupcake Cream Cheese, Lapis Legit Keju Slice Anchor, Kastangels Telur Asin, dan Roti Goreng Paha Ayam Keju Anchor. Bikin ngiler kaaan menu-menunya?

Sebenarnya apa sih kelebihan dari produk-produk AFP ini? Pak Sigit Wijanarko mengklaim bahwa kelebihan produk-produk Anchor terutama terletak pada konsistensi kualitasnya. Menurutnya untuk mempertahankan konsistensi kualitas tersebut selama bertahun-tahun bukanlah hal yang mudah, terutama karena produk-produk Anchor membutuhkan konsistensi suhu dalam pengirimannya. Kalau menurut Chef Achen, beliau sudah menggunakan produk-produk Anchor selama kurang lebih 13 tahun. Alasan beliau setia dengan produk Anchor adalah selain karena produk-produk Anchor sudah bersertifikat halal dari MUI, produk-produk dari Anchor sudah terjamin kualitasnya.

Di akhir konferensi pers, kami disuguhkan demo masak dari Chef Yus, yang menyajikan Mango Cheese Drink. Itu tuuh  minuman jus mangga yang lagi kekinian. Tapi jus mangga ini dicampur dengan Anchor Whip Cream dan Anchor Cream Cheese. Rasanya? Seger bangeeett... Sumpah, itu jus mangga terenak yang pernah saya coba. Awalnya saya pikir eneg, karena pakai cream cheese. Tapi ndak loh, rasanya pas banget masuk di leher saya.

Mango Cheese Drink
(Foto : Alfu Laila)

Selesai konferensi pers, kami pun menuju ke venue Grand Demo. Dan saya pun dibikin melongo, baru kali itu saya melihat demo masak dengan penonton sebanyak itu, hehehe. Para peserta antusias sekali menyimak penjelasan para chef yang beraksi di panggung. Sayangnya kami ketinggalan aksi Chef Yus, jadi ndak sempat deh ikut icip-icip, hihihi.

AFP Grand Demo ini pengalaman pertama saya melihat demo masak dari chef terkemuka. Melihat antusiasme penonton sih, saya berharap Grand Demo seperti ini bisa sering-sering diadakan, agar para pelaku bisnis kuliner di Makassar semakin berinovasi dan berkembang lebih baik lagi.

Hasil AFP Grand Demo
(Foto : Winslicious)

Komentar

  1. Susu Anlene yang di konsumsi byk org itu ternyata dari Fonterra Indonesia ya? Baru tahu aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, salah satu produk terbaiknya Fonterra

      Hapus
  2. Anchor udah terkenal banget yaa sejak dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seingat saya, sejak saya masih kecil udah jadi langganan tuh susu Anchor di rumah.

      Hapus
  3. Iiih kebayang ma' buroncong mozarella ... pasti enak sekali ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iyaaa... Saya #teamburoncong deh.. 😁

      Hapus
  4. Sama kayak kak Niar, saya langsung salah fokus di buroncong mozarella �� siapa tau ada inovasi kuliner lokal yg bisa muncul dan jadi oleh2 kekinian dari Makassar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tuuuh, sudah waktunya kuliner lokal lebih diangkat lagi. Supaya ndak tenggelam sama kue oleh-oleh kekinian.

      Hapus
  5. Wihhh beruntung banget bisa hadir disana. Secara kan anchor itu merk keju yg hits banget.. Byk ilmu sekaligus ngicip makanan enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan cuma keju, produk susunya juga terkenal banget. Udah gitu chef-chef nya ga pelit bagi ilmu..

      Hapus
  6. kalauikut acara seperti ini biasanya saya jadi lapar hahahaa beruntung banget mbak bisa ikut acara begini, udahnya dpt ilmu, bisa cicip2 pula hahahaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga lapar.. Hahaha.. Iya banyak sekali ilmunya, makanya pesertanya juga membludak.

      Hapus
  7. AFP sudah bisa dibilang perusahaan product makanan yang kredibel ya, produk susu calsium keluarannya group mereka aja sudah terkenal banget ya 👍. Haduh itu mango nya menggoda banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asli endeuss itu mango cheese drink nya, Teh.. Rasanya rasa nambah 😁

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer