Undangan online, alternatif baru undangan pernikahan


Menikah adalah sesuatu yang diimpikan hampir semua orang. Ketika kita sudah menemukan orang yang cocok, pasti kita ingin menghabiskan sisa umur kita dengannya, menikah, membangun sebuah keluarga yang bahagia, dan dikaruniai anak-anak yang lucu. Sungguh suatu impian yang indah.

Untuk mewujudkan impian indah itu tentu butuh proses dan persiapan yang panjang. Dimulai dari proses  lamaran, pertemuan keluarga sampai tercapai kesepakatan tentang pelaksanaan pernikahan, dan persiapan pernikahan itu sendiri. Bagi banyak orang, persiapan pernikahan bisa jadi hal yang sangat membuat stres. Segala hal, mulai dari tempat, undangan, catering, dekorasi, baju pengantin, dan sebagainya harus disiapkan sebaik mungkin agar tidak mengecewakan. Detil-detil yang kecil harus diperhatikan, kalau ingin semuanya jadi sempurna. Menurut saya, pesta pernikahan tidak harus mewah. Yang penting adalah kesakralannya, dan membagi momen kebahagiaan dengan orang-orang terdekat. Meskipun demikian, pesta pernikahan tetap membutuhkan biaya.
Jika Anda punya budget yang cukup besar, Anda bisa menggunakan jasa wedding organizer untuk mempermudah persiapan pernikahan Anda.  Anda tinggal menyampaikan gambaran acara yang Anda inginkan, dan wedding organizer yang akan mengurus segala sesuatunya. Jadi, Anda tidak akan terlalu pusing. Tapi jika Anda mengerjakan persiapan pernikahan sendiri (dibantu keluarga tentunya) dan berbudget terbatas, saya mempunyai beberapa tips, sesuai dengan pengalaman saya sendiri saat menikah dua setengah tahun yang lalu.

Tempat, catering dan dekorasi.
Untuk menghemat waktu, tenaga dan biaya, sebaiknya akad nikah dan resepsi diadakan di satu tempat dan dalam waktu yang berurutan. Jadi sesudah akad nikah langsung disambung resepsi. Berdasarkan pengalaman saya kemarin, lebih baik tidak diadakan di rumah. Sepintas lalu menyelenggarakan pesta pernikahan di rumah memang terlihat lebih hemat. Tapi sebetulnya, jika dihitung-hitung, justru biaya bisa membengkak, karena pasti banyak biaya-biaya tak terduga yang dikeluarkan. Misalnya untuk bersih-bersih, uang rokok dan menjamu tetangga yang  datang membantu. Selain lebih boros, mengadakan pesta di rumah juga lebih repot, karena masih harus mencari catering, dekorasi, masih harus bersih-bersih sesudah pesta , dan lain-lain. Lebih baik Anda mencari gedung yang juga menyediakan paket pernikahan. Jadi menyewa gedung sekalian dengan catering dan dekorasinya. Selain menghemat biaya, Anda juga akan menghemat waktu dan tenaga. Untuk menu makanan, saya pikir  tidak perlu menyediakan jenis makanan yang terlalu banyak.  Biasanya orang yang datang ke acara pernikahan tidak akan makan banyak. Bukannya pelit, tapi kalau makanan banyak tersisa kan mubazir juga. Yang penting ada nasi dan lauk (4 atau 5 jenis saya kira cukup), minum, dan makanan penutup. Kalau ada budget lebih bolehlah ditambah snack atau buah. Dekorasi pelaminan juga tidak perlu yang terlalu besar. 

Baju pengantin.
Jika budget Anda terbatas, menyewa baju pengantin bisa jadi pilihan. Anda tidak perlu membeli atau membuat khusus. Toh, baju pengantin hanya dipakai sekali.  Kalau akad nikah dan resepsi dilakukan berurutan, tidak perlu ada ganti kostum. Tidak masalah kok pakai baju yang sama. Percaya, tidak ada orang yang memperhatikan. Kalaupun ada, paling cuma satu atau dua orang saja. Eksklusifkan acara akad nikah, hanya bersama keluarga dekat. Jadi ketika resepsi, tidak banyak yang tahu kalau baju yang Anda kenakan saat akad nikah juga adalah baju yang sama. Waktu akad nikah dan resepsi yang berurutan juga lebih menghemat biaya dokumentasi lho. Biasanya fotografer akan memasang tarif yang lebih mahal jika harus kerja 2 hari.

Undangan
Masalah undangan ini biasanya memakan waktu yang paling lama dan paling ribet dari semua urusan lainnya. Dari mulai desain, proses pencetakan, sampai penyebaran undangan.  Desain dan produksi biasanya minimal butuh waktu dua minggu. Penyebaran undangan, bisa sampai 2 minggu juga waktunya, bahkan mungkin lebih. Apalagi jika kita mengundang keluarga yang di luar kota, kemungkinan undangan tidak sampai alias nyasar karena salah alamat. Biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit. Untuk undangan minimalis, harga paling murah sekitar Rp 7.000,00 per lembar. Kalau kita membuat 200 undangan saja, sudah makan biaya Rp 1.400.000,00. Belum termasuk biaya penyebaran dan pengiriman. Itu untuk undangan yang paling murah, tanpa foto, dan desain sederhana.




Nah, sekarang sudah ada alternatif lain untuk undangan yang murah tapi keren, yaitu undangan online. Iya, undangan lewat dunia maya. Sekarang kan jaman teknologi, ada jalur praktis lewat internet, kenapa tidak digunakan? Untuk pembuatan undangan online ini  Anda bisa mengunjungi www.datangya.com. Di sini Anda akan dibuatkan undangan pernikahan dalam bentuk website, yang berisi fitur-fitur menarik seperti foto slide, informasi tentang acara pernikahan Anda, peta dan denah lokasi, halaman yang berisi kisah cinta Anda, list nama-nama keluarga yang turut mengundang, atau juga fitur special invitation.  Keunggulan membuat undangan online di Datangya adalah undangan online lebih praktis, simpel, desain yang menarik. Pembuatannya juga relatif cepat, hanya sekitar 15-20 menit. Harganya terjangkau, hanya Rp 250.000,00, Anda jadi bisa banyak berhemat kan? Anda juga tidak perlu repot-repot mengantarkan undangan dari pintu ke pintu, atau mengirim undangan lewat pos untuk keluarga dan kerabat yang jauh. Menghemat tenaga dan waktu juga kan? Jadi, Datangya sungguh solusi yang tepat bagi Anda yang ingin membuat undangan yang keren, menarik, tapi dengan harga yang terjangkau dan waktu yang singkat.

So, bagi Anda yang merencanakan pernikahan, tidak perlu pusing lagi sekarang. Makin banyak alternatif persiapan pernikahan yang mempermudah hidup Anda. Selamat menempuh hidup baru!

Komentar

  1. lebih hemat baiaya dengan undangan online :-)
    salam kenal ya...
    datang berkunjung ke blog Q1t4 ya, di link http://blogq1t4.blogspot.com/2013/02/pernikahan-merupakan-sebuah-moment-yang.html
    thank you...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer