Mengapa Gamers Butuh ASUS Zenfone Max Pro M1?


Perkembangan teknologi smartphone semakin lama semakin canggih. Fungsi ponsel sekarang bukan lagi sekadar buat nelepon atau kirim pesan. Ponsel jaman sekarang juga punya fungsi fotografi, videografi, atau juga games. Dari jaman dulu fitur games memang sudah ada sih. Yang paling legend adalah game Snake, yang meskipun kelihatannya sederhana, tapi bisa bikin geregetan dan betah main berjam-jam. Paling geregetan ketika si ular naga panjangnya bukan kepalang, menjalar-jalar selalu kian kemari itu mati nabrak tembok. Hiiih, rasanya pengen lempar ponsel.

Perkembangan mobile games sendiri bisa dibilang lumayan pesat. Tahun 2018 ini, besarnya dana yang dikeluarkan user di seluruh dunia untuk mobile games jauh lebih besar dibanding PC games atau console. Dana yang dibelanjakan pengguna PC games maupun console sekitar 30 juta-an USD, sedangkan mobile games sekitar 70,3 juta USD. Jauh banget kan bedanya? Dari jumlah itu, 56,4 juta USD digunakan di perangkat smartphone, dan 13,9 juta USD sisanya di tablet. Kenapa mobile games jauh lebih diminati? Menurut saya karena lebih praktis kali ya. Kalau main games di smartphone kan bisa di mana saja, bisa dibawa kemana-mana. Di rumah, di kantor, di kampus, di dalam kendaraan sambil nunggu macet, sambil nunggu antrian, sambil nunggu pacar milih baju ndak kelar-kelar... Yakali ke mall bawa-bawa PC atau console?

Saya juga suka main game kalau lagi suntuk. Bukan penggemar berat sih. Cuma sekadar untuk membunuh bosan saja. Game yang saya mainkan pun games simpel macam Candy Crush, Song Pop, atau yang lebih menantang sedikit, FarmVille. Belakangan ini sih lagi suka main Hago. Permainannya banyak dan seru-seru, yah meskipun seringnya kalah melulu sih. Ahahaha. Saya ndak terlalu tertarik untuk main games macam Mobile Legend atau PUBG karena berat, seperti beban hidupku aplikasinya maupun mikir mainnya, hahaha.

Main HAGO kalah melulu 😂😂

Aplikasi games yang "berat" ini jelas bikin bete kalau kualitas ponselnya ndak mumpuni. Jangankan main Mobile Legend, lah main Candy Crush saja suka hang ponselnya, hahaha. Paling jengkel sih waktu main FarmVille dulu, ladang dan peternakan yang sudah susah payah saya bangun terpaksa jadi terbengkalai karena ponsel yang sudah tak sanggup lagi bekerja maksimal.

ASUS Zenfone Max Pro M1

Menjawab kebutuhan para gamers yang makin meningkat ini, ASUS meluncurkan produk smartphone yang memang khusus untuk para pencinta games, yaitu ASUS Zenfone Max Pro M1. Ponsel dengan tagline "Limitless Gaming" ini punya banyak keunggulan yang akan membuat para gamers dengan kantong pas-pasan akan bersuka cita. Mengapa bisa begitu? Baiklah, mari kita bahas satu per satu.

Idola baru mobile gamers
(Foto : @naniekoe)

PERFORMA HANDAL

ASUS Zenfone Max Pro M1 ini menggunakan CPU Qualcomm Snapdragon 636 yang dipadukan dengan GPU Qualcomm Andreno 509. Penggunaan Snapdragon 636 membuat smartphone ini memiliki performa tinggi, tapi hemat daya, jadi ndak gampang panas. GPU Andreno 509 juga membuat games dengan grafis tinggi lebih nyaman dinikmati.

Antutu Benchmark Zenfone Max Pro M1
3 GB/32GB
(Foto : Lukman Azis, dailysocial.id)


LAYAR FULL VIEW LEBAR

Layar Zenfone Max Pro M1 sebesar 6 inci tentu bikin main game lebih seru lagi, karena tampilan yang lebih lebar, apalagi didukung dengan kemampuan full HD+ (2160 x 1080 piksel) dengan kepadatan piksel 420 ppi, dan aspek rasio 18:9. Penggunaan IPS display membuat gambar tetap terlihat jelas dilihat dari sudut yang miring sekalipun.

Layar besar dan nyaman
(Foto : @asusid)


KAPASITAS BATERAI BESAR

"Musuh" utama para mobile gamers adalah baterai yang cepat ngedrop, selain kuota data terbatas tentunya, hahaha. Kebayang kan ndak enaknya ketika kita lagi seru-serunya main games, eh baerainya habis. Atau main game-nya ndak bisa lama karena sebentar-sebentar ponsel minta di-charge. Semacam ndak ada gunanya gitu install game di ponsel kalau kapasitas baterainya kecil.


Nah, di Zenfone Max Pro M1 ini, ASUS menanamkan baterai dengan kapasitas sebesar 5000mAh. Dengan baterai sebesar itu, bisa digunakan untuk main game selama 5 hingga 12 jam nonstop. Sedangkan untuk pemakaian normal, bisa tahan sampai 2 hari. Lumayan kan tuh, ndak perlu bawa-bawa powerbank ke mana-mana. Betul-betul bisa main game sampai pegal.

Dua pilihan warna : Meteor Silver & Deepsea Black
(Foto : @asusid)

Selain itu, Zenfone Max Pro M1 ini juga sudah didukung fast charging, jadi meskipun kapasitas baterainya super besar, ndak butuh waktu semalaman untuk mengisi daya. Hanya butuh sekitar 2 jam 42 menit untuk mengisi daya dari 0% hingga 100%. Hemat energi cyiin, listrik mahal!

RAM DAN ROM BESAR

Ada 3 pilihan RAM dari Zenfone Max Pro M1 ini, 3 GB/4 GB/6 GB. Versi RAM 3 GB hadir dengan kapasitas internal storage 32 GB, sedangkan RAM 4 dan 6 GB hadir dengan kapasitas internal storage 64 GB. Kalau buat saya mah segini sudah cukup banget. Tapi kalau kamu merasa kapasitas storage segitu masih kurang, ndak perlu khawatir. Kamu bisa menambahkan MicroSD hingga 2TB.


OS PURE ANDROID

Kalau biasanya ASUS menggunakan UI ZenUI untuk produk smartphone nya, di Zenfone Max Pro M1 ini menggunakan Pure Android 8.1 Oreo. Artinya, smartphone ini bebas dari aplikasi-aplikasi bawaan yang belum tentu diperlukan. Ya kan memang smartphone ini ditujukan untuk main game, jadi pengguna bisa lebih bebas untuk menginstall games favorit mereka. Selain itu, dengan Android murni seperti ini membuat performa ponsel juga lebih mulus.



DESAIN DAN FITUR UNLOCK

Meskipun memiliki baterai berkapasitas besar, tapi body ponsel ini masih tergolong ramping. Dengan body yang terbuat dari logam aluminium dengan dimensi sebesar 159x76x85 cm, Zenfone Max Pro M1 ini memiliki berat 180 gram. Lumayan nyaman digenggam sih. Selain itu, Zenfone Max Pro M1 ini juga sudah dilengkapi dengan fitur fingerprint dan face unlock yang cepat. Aman deh tuh, dari orang yang suka kepo mau lihat isi ponsel kita. 


DUAL REAR CAMERA

Meskipun ditujukan untuk gaming, smartphone ini juga menghadirkan kamera belakang ganda. Untuk versi RAM 3 dan 4 GB, menggunakan kamera utama belakang 13 MP, sedangkan untuk versi RAM 16 GB menggunakan kamera utama belakang 16 MP. Untuk kamera kedua, semuanya menggunakan kamera 5 MP untuk mendapatkan efek bokeh. Kualitas hasil fotonya sih lumayan, meskipun ndak sebagus seri Zenfone yang lain. Harap maklum sih, kan memang ini ponsel bukan untuk fotografi.


Untuk kamera depan, Zenfone Max Pro M1 ini menggunakan kamera 8 MP untuk versi RAM 3 dan 4 GB, dan 16 MP untuk versi RAM 6 GB. Lumayanlah buat selfie.
Dengan spesifikasi sekeren itu, mahal ndak harganya? Oh tenang, seperti yang saya bilang di atas, Zenfone Max Pro M1 ini akan membuat para gamers dengan kantong pas-pasan akan bersuka cita, karena harganya cukup terjangkau. Versi 3 GB/32 GB dibanderol seharga 2,2 jutaan, versi 4 GB/64 GB seharga 2,6 jutaan, dan versi 6 GB/64 GB seharga 3,4 jutaan.

Spesifikasi ASUS Zenfone Max Pro M1

Jadi, paham kan sekarang mengapa gamers butuh Zenfone Max Pro M1? Bukan hanya gamers sih, blogger seperti saya pun juga butuh. Dengan spesifikasi seperti itu, ponsel ini pasti bisa sangat membantu saya untuk menulis artikel, me-maintain sosial media, mendesain gambar, dan lain-lain. Hmmm, dengan Zenfone Max Pro M1 ini juga, sepertinya saya bisa membangun kembali kejayaan ladang dan peternakan saya di FarmVille. Main game bisa betul-betul tanpa batas ini mah. Asal jangan lupa makan, ibadah, berbakti pada orangtua, dan sayang pacar yak! #okesip.


Komentar

  1. Kayaknya anak saya mesti dibeliin ini, udah hang hape emaknya gegara diinstalin game macem2.

    Gak dibolehin kasian juga, dia cuman pegang gadget Sabtu Minggu aja :)

    BalasHapus
  2. Aku ga suka games, tapi ada beberapa teman gamers banget, pake henpongnya ini, rekomen banget ceunah. Emang kece deh Asus..

    BalasHapus
  3. Kalau sudah aplikasi games online saja lewat dan mudah dioperasikan apalagi aplikasi yang lain yang ringan ya. Kece nih Asus.

    BalasHapus
  4. Puasnya mantep banget, ini asus zenfone max aku pengen punya juga mba Ayi hehehe meski ga mahir main game tapi penasaran juga pengen bisa.

    BalasHapus
  5. Sejujurnya ku penasaran banget sama Asus Zenfone Max Pro M1 ini karena lihat beberapa teman juga sudah review dan mereka bilang sangat oke sekali. Yang paling bikin ngiler sih sama hasil kameranya, kece banget!!

    BalasHapus
  6. Idaman nih hape. Pengen satu buat hadiah ke suami yg doyang ngegame hehehe

    BalasHapus
  7. iMom inii gak begitu tertarik mainin game di HP. Tapi karena para ponakan pada suka banget mainin game di HP ya iMom kudu install game-game yang lagi happening yang tentunya performnya harus lebih canggih dari game di HP mereka supaya jadi magnet tiap mereka ketemu iMom. Maklum anak-anak generasi Z ya pendekatannya harus begitu. Salah satunyaaaa.

    BalasHapus
  8. Sukaaa judulnya. Bikin penasaran. Hp Asus yg satu ini memang asyik buat gaming

    BalasHapus
  9. Main game di HP kutak sanggup, hehehe...
    Mataku berat menambah beratnya beban hidupku eh ...

    Tapi anak-anak suka, apalagi game bola. Bisa juga nih direkomendasikan hp Asus ini.

    BalasHapus
  10. Sebenarnya bukan hanya gamers yang butuh HP dengan batre yang tahan lama. Blogger HP macam saya juga butuh.

    BalasHapus
  11. Bukan cuman gamers yang butuh HP dengan batre tahan lam. Tapi kita juga bkogger, terutana blogger HP kayak saya ��

    BalasHapus
  12. Hihi semoga terkabul ya Ayi, bisa membangun ladang kejayaan lagi 😍

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer