Black Canyon Coffee : Good Place, Good Food, Good Laugh


Siang itu matahari lagi unyu-unyunya. Saya yang sempat kejebak macet gegara demo angkutan umum yang memprotes ojek online mulai cenut-cenut di kepala. Untung janjian siang itu adalah janjian buat nyobain kafe baru. Coba janjiannya janjian bayar hutang, mending saya sekalian ikut demo deh. #eh.

Setelah sempat muter-muter karena ternyata abang gojek-nya juga ndak tahu jalan, akhirnya saya sampai juga di tempat janjian saya sama teman-teman. Black Canyon Coffee di Jl. Monginsidi no 40, Makassar. Di Google Map ada kok lokasinya, cuma karena salah baca map aja si abang gojek, jadinya sempat muter-muter dulu. Saya sudah sering sih dengar nama Black Canyon Coffee (BCC), tapi baru pertama kali ini mau nyobain. Nah, BCC yang di Jl. Monginsidi ini adalah cabang yang paling baru, tepatnya baru dibuka tanggal 30 Agustus 2017 yang lalu.

Pertama lihat bangunannya saya langsung suka banget. Tampak depan bangunan berupa bata ekspos dan jendela-jendela besar a la bangunan kolonial. Favorit saya banget ini yang model begini. Selain itu, area parkir yang cukup luas jadi nilai tambah buat saya. Saya paling kesel liat kafe, restoran, toko atau apapun itu yang ndak menyediakan area yang cukup buat parkir. Bikin Makassar tambah macet aja.

Masuk ke bagian depan, saya disambut oleh meja resepsionis. Mejanya doang, karena waktu itu ndak ada orangnya, hehehe. Untuk masuk ke bagian dalam restoran, kita akan melewati semacam lorong berliku *halah*, dengan dinding bata ekspos yang didesain berlubang supaya lebih artistik. Spot ini kece banget deh buat foto-foto.

Meja resepsionis di bagian depan

Jalan masuk ke bagian dalam resto

Ruang di bagian dalam dibagi menjadi 3 area, semi outdoor, indoor, dan area outdoor di tengah-tengahnya. Saya suka banget desain area outdoor-nya, yang menggunakan sebatang pohon kamboja sebagai center point. Paling cocok sepertinya memilih area ini di sore hari, atau malam. Di bagian semi outdoornya, suasananya terbuka mengarah ke bagian outdoor. Buat yang mau ngadem, tapi mau merokok juga, cocok pilih duduk di area ini.
Saya dan teman-teman memilih duduk di bagian indoor. Di area ini ada space yang lebih private, dengan satu meja panjang, sofa, beberapa kursi, dan ada juga televisi dan peralatan sound system. Area ini dipisahkan oleh sekat berupa rak lengkap dengan pajangan-pajangan lucunya. Area indoor dan outdoor dipisahkan oleh dinding kaca. Jadi suasananya tetap seolah-olah terbuka. Dekorasi interior di BCC ini didominasi oleh material kayu dan bernuansa vintage.

Area outdoor

Area semi outdoor

Area semi outdoor

Private space di area indoor

Setelah puas foto-foto, kami pun memesan makanan. Karena Black Canyon Coffee ini adalah brand dari Thailand, makanan di sini pun juga diwarnai oleh beberapa menu masakan Thailand, seperti Tom Yum, Pad Thai, atau Thai Mango Salad. Menu masakan yang lain bisa dibilang cukup lengkap, dari salad, sandwich, nasi, mie, pasta.. Saya sampai bingung mau pesan apa. Soal minumannya, sesuai namanya yang menggunakan kata "Coffee" pastinya menu minuman kopi jadi andalan di sini. Kalau kata orang-orang yang suka ngopi sih, kopi di BCC ini enak. Cuma karena saya bukan penikmat kopi, jadilah saya memesan Iced Mocha saja.

Sambil menunggu pesanan datang, kami ngobrol-ngobrol dengan Mbak Chika, Branch Manager BCC Monginsidi ini. Mbak Chika bilang, yang bedanya BCC Monginsidi dengan cabang yang lain cuma di sisi manajemennya. Kalau cabang lain dikelola oleh owner lokal, BCC Monginsidi ini di bawah manajemen master franchise yang ada di Bali. Kalau soal menu sih sama dengan cabang yang lain. Tapi selain menu yang sudah ada, BCC Monginsidi juga sedang mempersiapkan beberapa additional menu yang kemungkinan akan launching bulan depan.

Dan akhirnya pesanan kami pun datang. Makanan yang saya pesan Fried Fish Katsu with Fried Rice, buat saya rasanya pas, enak deh. Sesuai dengan apa yang sering saya dengar, kalau rasa makanan di BCC ndak pernah mengecewakan. Sepadan lah dengan harga yang harus dibayar. Kurangnya cuma satu, kurang banyak, hahahah. Siang itu pun saya lalui dengan bahagia. Sambil makan enak, ngobrol santai sama teman, di tempat yang cozy... What a life!

Beberapa menu di BCC Monginsidi


Black Canyon Coffee Monginsidi
Jl. Monginsidi 40, Makassar
Reservasi : 0822 400 500 20
Instagram : @blackcanyoncoffeemonginsidi
Facebook : BlackCanyonCoffeeMonginsidi

Komentar

  1. Sejak tahun 2006 saya kenal BCC di MaRI, kalo soal rasa mereka memang gak pernah "goyang", selalu sama enaknya 😋😋

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya kemarin saya mau ikut, karena Kak Ery sudah rekomendasikan 😄

      Hapus
  2. Ada harga ada kualitas, ya gpp sih. Yg menjengkelkan itu kalau sdh bayar mahal eh rasanya kurang cocok di lidah hiks. Jadi bertanya2, ini resto atau tempat foto2? :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih menjengkelkan lagi kalau sudah harganya mahal, tempatnya juga yah begitulah >.<. Tapi untungnya enak ji di sini. Nda sia-sia keluarin uang dari dompet hahahah

      Hapus
  3. Ya Ampun itu venue nya keren banget, bata eksposenya itu lho bikin love banget. Ayi, membaca tulisan ini saya jadi penasaran sama menu thai manggo saladnya, adakah yang udah icip-icip?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ih, kemarin saya sempat mau pesan itu, Teh. Tapi berhubung saya belum sarapan dan kelaparan, akhirnya pilih nasi. Kayaknya bagus diagendakan nongki-nongki lagi ke sana nyobain saladnya. 😁

      Hapus
  4. Wah,, gak sabar nih menu baru apa yang akan dilaunching bulan depan oleh BBC :D

    BalasHapus
  5. Gaya arsitekturnya bagus banget yah kak. Udah makanannya enak, tempatnya juga bagus bangeeet. Saya sukaaak :D

    BalasHapus
  6. Suka suasananya di BCC monginsidi.. Bikin kita betah berlama-lama di sana 😁

    BalasHapus
  7. Wah ternyata Ayi makannya ikan yah .... saya ndak perhatikan kalo ada Fried Fish Katsu with Fried Rice, yaa ..... kapan-kapan harus cobain.

    BalasHapus
  8. Suasana kafe ini sangat menyenangkan yaaa ... semua ada. Kafe BCC sudah lama jadi tempat fave saya sejak awal buka di beberapa tempat. karena dekat rumah saya sudah ada BCC jadi saya lebih sering nongki disitu setelah BCC yang di Pattimura di tutup. Walaupun tidak seluas BCC Pattimura tapi desain kafe ini top banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kak novie yang memang ngerti desain interior bilang bagus, berarti memang bagus. Hehehe.

      Hapus
  9. Wah banyak spot cantik buat foto-foto ya di tempat ini. Suka desain tempatnyaaa

    BalasHapus
  10. Suasananya enak banget buat bersantai ya mbak.. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat serius juga cocok mbak, kayak meeting atau ngerjain tugas. Suasananya mendukung juga.

      Hapus
  11. Aaihh.. mupeng liat tempatnya. Cantik n asyik banget ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa.. Banyak spot foto yang instagramable.. Plating makanannya juga.. Dan rasanya enak..

      Hapus
  12. Duh kalau terwujud rencana ke Makassar, wajib banget nih ngopi cantik di sini

    BalasHapus
  13. Tempatnya asik banget. Buat foto-foto juga keren lagi.
    Ohhh Black Canyon Coffee itu brand Thailand toh. Tambah seru kayanya ditemani makanan thailand.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga baru tau hehe.. Banyak menu-menu a la Thailand di sini..

      Hapus
  14. Cocok banget untuk libur keluarga atau barengbteman teman ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa.. Suasananya enak banget buat santai sama keluarga atau teman-teman..

      Hapus
  15. Belum pernah ke Makassar, tapi insyaAllah akan ke sana suatu saat nnati karena ada nenek suami di sana.
    Wah ini bisa jd jujugan kalau mau makan sama keluarga ya.
    Btw kalau area yg outdoor/ semi outdoor-nya dibolehin ngerokok gk ya?
    Soalnya males kalau makan kalau satu area sama org yg merokok hehe
    TFS reviewnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sih ndak liat ada orang ngerokok kemarin, tapi kayaknya ndak dilarang di dua area itu. Kalau area indoornya dilarang merokok, karena ber-AC juga..

      Hapus
  16. Di Lombok belum ada Black Canyon nih. Dulu pas di Makassar aja pernah lihat Black Canyon. Iyaa..lihat doank, belum sempat masuk. Hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya aja yang tinggal di Makassar baru sekali ini masuk Black Canyon hihihi.. Siapa tau dalam waktu depan buka cabang di Lombok juga..

      Hapus
  17. Tempat nongkrong yang asyiik ��

    BalasHapus
  18. Saya suka minum hot chocolate na. enaak. masih samaji rasanya sekarang ndak yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata yang setia sama BCC sih, rasa makanannya ndak pernah berubah, kak..

      Hapus
  19. Black Canyon kalo di mall keciiiill..ini mah puas yaa viewnya baguuus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Viewnya bagus dan lapang. Nongkrong cantik berjam-jam jadi ndak terasa 😄

      Hapus
  20. Nggak cuma suasananya yang asyik, tatanan ruangnya keren, tapi juga ada Tom Yam yang sukses bikin saya ngecess.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanan di sini ndak ada yang ndak bikin ngiler mbak.. Ndak bikin dosa deh kalo makan di sini, karena ndak ada yang disisain, ndak mubazir, hehe

      Hapus
  21. Pertamakali nyobain kafe ini di bandung, di paris van java mall nya.. Udh lama bangetttt.. Tapi aku suka kopi2nya.. Yg aku suka lg krn bukanya sampe malam banget :D

    BalasHapus
  22. Ajak aku ke sinii yaa ntr kalo main, aku mau hot kapucino ajaa..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer